Tuesday, January 29, 2008

Hari pertama di Jakarta

Cuti kali ini heboh banget, mulai dari bagasinya yang sepi dari baju (baju2 dah aku tinggal waktu April mudik), tapi isinya hampir 90% bahan makanan.
Dimulai dari isi koper yang masuk bagasi a.l : 10 kg kurma seger titipan teman2 semua, lalu acar lebanon beberapa jenis, bumbu2 segar dan bumbu instant , sup kantong masing2 jenis, 24 kantong, buat acara latbar di Titan.
Sampai ke Cherry hitam 10 kg lalu bawang India 3 kg, marakish 10 buah, dan nasi Syria.
Nasi Syria saya bawa hand carry dengan aneka dipnya dan mahalal/acarnya.
mulai dari dip, hummus, baba ganoush, garlic dip, yoghurt saus, acar mahalal sampai ke roti arabnya semua komplit terbawa.
Belinya nasi Syria ini pun komplit dengan ayam panggang, sish tawook dan lamb kebab.

karena dibawa hand carried maka problema berlangsung macam2, mulai dari bandara AD ketika
masuk xray petugasnya bertanya
+ : kamu bawa apa seh ?
- : briyani rice
+ : briyani ? Gulf Briyani ?
- : yes with rice and Chicken
+ : what ? *sambil geleng kepala tersenyum juga*

boleh ajah seh hanya petugasnya heran , pikirnya kasihan amat nasi ajah dibawa...biarin demi teman2 neh ngerasain makan khas AD.

Begitu mendarat di Sukarno Hatta otak neh sudah mulai muter, rencana demi rencana yang sudah disusun semoga dapat berjalan lancar.

Kebetulan mudik kali ini rame banget, banyak teman2 yang berangkat cuti bersamaan, Azlin sekeluarga , Nujum dan Nita berserta anaknya tanpa suami, bakalan nyusul suaminya.
Saking ramenya sampai petugas imigrasinya nanya, dalam rangka apa keIndonesia?
tak jawab aja dengan lugu : ya pulang pak...
(benerkan emang, pulang cuti atau pulang abis , sama aja pulang, emang rumah saya di jakarta kok dan jangan jawab yang lain, you why..)

Ketika melewati custom, koper yang 3 besar2 (maklum
aku kan dapet jatah 60 kg bagasi dan terbawa 64 kg masih okeh) gak problem tapi ketika hand bagagge saya lewat x ray, problem lagi, ditanya bu bawa apa ini, dibuka ya ?
Silahkan pak , isinya nasi ama ayam....

Ketika tuh hand bagage dibuka 4 kepala bapak2 custom melongok semua ke koper daku, yang satu mencet kotak isinya ayamnya, yang satu mencet kotak isi nasinya....sambil berkata : ooooo beneran bawa nasi....
malu malu deh... biarin...

Tapi ketika itu datang satu ibu muda lihat saya dan berkata: ibu ini namanya bu estherlita ya ? saya Ita dari Oman...
Saya pembaca setia blog ibu...
*nah lho, kabuuurrrr*
saya antara malu, surprised ada yang ngenalin, juga bahagia banget bisa ketemu salah satu pembaca blog saya.
Cipika cipiki deh di depan bapak2 custom...
Ketika saya selesai pamitlah ama pak custom dan Ita, lha mbak Ita malah cerita ama bapak2 custom kalau saya punya blog ini itu dsb2....
saya denger sayup2 dia cerita...
yang ada aku
kabuuurrrr....malu gak siap
*maklum deh aku kan gak pedean*

Begitulah cerita dibandara.

Setibanya di rumah, adikku dah nunggu, kita ngobrol2 sampai sore menunggu teman2 datang.
Saya emang ngundang beberapa panitia latbar buat rembugan tapi sayang yang bisa datang hanya Stella dan Itha.
Nining gak bisa di saat terakhir karena kudu ke makro sedang mbak Ine kudu ngejar pesanan....

Agak malam mereka datang karena macet berat, tapi langsung seru.
Stella bawa kelengkeng, abon dan bawang goreng, asyik banget say, bener2 keterima bingkisanmu, buat survival dirumah.

Hidangan malam ini udah bisa ditebak : Nasi syria, dengan ayam nya, ditambah Sish tawook dan lamb kebab dan aneka dip, roti arab, dan marakish.
Dipnya bikin Stella terkenang kenang, juga roti arabnya yang unik.
kuah yoghurtnya juga Stella suka kalau Itha rada ragu2.
Kuah yoghurt ini biasanya dimakan dengan cara disiramkan ke nasinya, enak lho, yoghurtnya dibumbu garam,
timun dan daun mint.
Acar Lebanon kalau aku biasa sebut atau mahalal, gak kayak acar kita, tapi asiiiin dan asem, tapi Stella suka....
(belakangan baru tau kalau Nining malah gadoin sambil nonton TV....)

Ketika pulang, acara bungkus2 dimulai dan juga saya bagiin marakishnya biar pada nyobain...

Nah foto dibawah ini adalah foto2 ketika kita menyantap hidangan khas Gulf, Nasi Syria.
Buat yang waktu itu gak bisa datang, kayaknya nyesel lho... hehehehe.

Gpp lain kali kalau aku datang bakalan undang2 lagi kok, moga2 kali ini pada bisa datang ya....
Rugi lho gak bisa nyoba makanan asli dari asalnya.

Makasih juga buat Stella dan Itha yang dah datang malam itu, dan buat Stella makasih ya buah tangannya....
Ntar inshaallah November kita makan2 dip arab lagi ya....

Hidangan siap malam ini buat jamu teman2...

Yang datang kerumah malam ini Stella yang menjulang tinggi dan Itha yang suka nyelam....

dikiri banget dipnya : hummus, baba ganoush, garlic paste dan sambalnya.
depan roti arab yang dah dibelah 4, kanan nasi briyaninya, belakang ayam briyaninya dan sebelahnya kebab lamb dan sish tawook /ayam , lalu dalam plastik saus yoghurtnya.

nah ini dipnya sayang malam itu males deh ngeluarin ke piring.

saus yoghurtnya

yang asyik makan

diseling ngobrol heboh

oleh2nya Stella...makasih ya say....
abon, bawang goreng buatan sendiri (gara2 punya magimix) lalu kelengkeng yang manis banget....

mau lihat isinya nasi Syria ?
Lihat disini deh : nasi Syria komplit


back to : Mudik 6 Juli - 1 Agustus 2007

back to : dapurnya D'ez

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home